INTERNET
Internet
adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan
jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling
berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan
satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan,
ilmu pengetahuan dan perorangan.
Untuk dapat
terhubung dengan internet kita wajib memiliki perlengkapan sebagai berikut:
- PC, baik desktop, laptop maupun
palmtop atau bahkan telepon selular (handphone) yang dilengkapi fasilitas WAP
(Wireless Application Protocol).
- Modem, boleh internal ataupun
external.
- Sambungan telepon.
- Internet Service Provider
(ISP).
Internet
Service Provider bukan sebuah hardware, melainkan perusahaan yang melayani jasa
sambungan ke internet. Di Indonesia kita kenal CBN, LinkNet, TelkomNet dan
sebagainya, itulah mereka. Kita harus terlebih dulu mendaftar, kemudian setiap
bulannya kita harus membayar biaya berlangganan koneksi internet tersebut.
Jaringan
internet dikontrol oleh suatu aturan umum yang disebut protocol, yaitu Internet
Protocol (IP) dan Transmision Control Protocol (TCP) atau lebih
dikenal dengan TCP/IP, sehingga setiap pemakai yang bergabung dengan
internet dapat saling mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan
lainnya, dalam bentuk pertukaran lateral, citra, maupun suara. Hal ini dapat
dilakukan secara langsung seketika itu juga dalam dua arah.s
Dalam
internet dipergunakan bahasa atau kode-kode yang disebut Hyper Text Markup
Language atau HTML. Bahasa ini merupakan standar bagi komunikasi internet
saat ini. Dengan menggunakan bahasa ini kita dapat menulis text, menampilkan
gambar, memberi warna serta berbagai hal lainnya di website.
Berikut
adalah beberapa fasilitas internet, yang paling dikenal dan penting untuk
diketahui:
- E-mail (electronic mail)
Pelayanan untuk kirim dan terima pesan-pesan. Setiap pesan dapat dikirim dari suatu system ke system lain. Di belakang layar, pelayanan mail ini memastikan bahwa pesan-pesan dikirim dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar. Melalui email pula pemakai internet membentuk suatu forum diskusi yang membicarakan topik-topik tertentu dengan bentuk mailing list atau newsgroup. - www (world wide web)
System yang menggunakan tampilan grafik (window) sehingga dapat memberikan layanan yang sangat prima. Tampilannya bukan hanya berupa teks, dapat berupa gambar dan suara dengan mutu yang bagus karena didukung oleh warna dan resolusi yang tinggi. Untuk dapat mengaksesnya dibutuhkan piranti lunak yang disebut web browser. - Search engine
Fungsi pencarian data dalam bentuk website sesuai kategori atau keyword yang kita masukkan. Fungsi ini dimiliki oleh browser dan juga ada sejumlah website yang khusus
Alat-alat yang akan digunakan untuk membuat jaringan
internet
Yang pertama,
MODEM INTERNAL..
MODEM INTERNAL..
Modem ini berbentuk card yang harus
dipasang didalam CPU sehingga orang lain tidak tahu, dan harganya cukup
terjangkau tidak mudah untuk dibawa kemana-mana. Sebelum dipakai harus dinstal
terlebih dahulu dengan software.
Yang kedua,
MODEM
EKSTERNAL
yaitu modem
yang dilengkapi dengan panel atau LED yang menampilkan info tentang apa yang
sedang dilakukan modem itu sendiri yang dapat mudah membantu kita untuk
memecahkan suatu permasalahan apa yang sedang terjadi. Modem ini mudah dibawa
kemana-mana karena tidak dijadikan satu dengan komputer jadinya letaknya
terpisah. Apabila ingin menggunakan harus dihubungkan dengan kabel telepon ke
CPU atau Laptop tetapi sebelum digunakan harus di instal dengan soft were dari
bawaan pabrik
Yang Ketiga,
KABEL RJ45
kabel
Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun
jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua
macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.
Yang
Keempat,
KABEL RJ11
Konektor
telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk
mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan
komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.
Yang Kelima,
SALURAN
TELEPON
Digunakan
untuk sambungan ketika melakukan akses/dial up untuk koneksi internet.
Yang Keenam
ROUTER
ROUTER
Router
adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah
jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal
sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan
seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Yang Ketujuh
BRIDGE
Bridge
adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau
membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan
data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua
buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded
Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan
yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan
membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi
terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke
bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya
TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network
Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis
lainnya.
Yang
Kedelapan
REPEATER
Access point
mempunyai kemampuan untuk menyediakan up stream link wireless menjadi jaringan
kabel seperti normalnya saluran kabel. Repeater juga digunakan untuk menambah
jarak maksimum tipa LAN. Repeater akan mengambil semua isyarat yang sampai
kepadanya, pada semua LAN yang seterusnya.
Yang
Kesembilan
HUB
HUB adalah
sebuah alat ( digunakan biasanya untuk jaringan LAN ) alat yang bekerja di OSI
pada layer Physical layer. Hub berfungsi sebagai konsentrator yaitu digunakan
untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer yag ada pada jaringan LAN yang
menggunaan topologi star. disini hub tidak melakukan traffic control jadi jika
terlalu banyak port yang ada pada hub tersebut digunakan akan mengaibatkan
kinerja hub turun hal ini terjadi karena sering terjadinya collision antara
ethernet.
Dan yang
terakhir
KAMERA
Kamera
digunakan sebagai alat komunikasi untuk melakukan percakapan dengan menggunakan
internet atau yang disebut sebagai VOIP (Voice Over Internet Protocol). Dengan
teknologi ini komunikasi (percakapan) lawan bicara kita akan tampak pada layar
monitor. Kamera ini tidak mutlak diperlukan, namun hanya sebagai perlengkapan
tambahan, jika memungkinkan.
Internet membutuhkan sebuah perantara atau alat yang dapat
menghubungkan komputer atau laptop untuk mengakses internet,adapun beberapa
cara membuat jaringannya sebagai berikut
1.LAN
2.MAN
3.WAN
1.LAN
2.MAN
3.WAN
Cara membuat jaringan internet LAN
Apabila
sobat di rumah mempunyai komputer lebih dari satu, dan masing-masing
komputer ingin terhubung antara satu dengan yang lainnnya supaya bisa sharing
data, printer,
sharing
koneksi internet dll, kita bisa lakukan dengan membuat jaringan komputer LAN (Local Area Network)
sederhana..
Komputer yang dipakai pada saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.
• Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua buah, kita hanya cukup menyediakan satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/ silang.
Komputer yang dipakai pada saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.
• Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua buah, kita hanya cukup menyediakan satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/ silang.
• Kalau Jumlah komputer yang akan
dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan suatu alat
yang bernama Switch atau Hub. Pada saat ini harga
sebuah switch untuk standard rumahan sudah sangat terjangkau .
Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.
Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.
• Pemasangan konektor pada kabel
UTP bisa dibuat sendiri, tetapi untuk mudahnya sobat tinggal pergi saja ke toko
komputer yang juga menyediakan peralatan jaringan, dan tinggal bilang
untuk membeli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya dengan konfigurasi cross/silang
untuk koneksi komputer ke komputer(dua buah komputer), ataustraight/lurus
untuk koneksi lebih dari 2 komputer / menggunakan switch.
Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP )
Agar dapat saling berkomunikasi , masing – masing komputer harus diberi alamai IP
• Masuk ke Network Connection (Start-->Control Panel -->Network Connection )
• Pilih/dobel klik Local Area Connection
• Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
• Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask
Misal,
komputer1 IP Address : 192.168.0.1
komputer2 IP Address : 192.168.0.2
komputer3 IP Address : 192.168.0.3
komputer4 IP Address : 192.168.0.4
dst..
Subnet Mask harus sama : 255.255.255.0
Untuk mengetahui berhasil tidaknya koneksi lakukan perintahping dari komputer satu ke komputer lainnya
Misal dari komputer1 ke komputer2 :
• Di Komputer1 : Klik Start -->Klik Run-->ketik CMD --> klikOK, maka akan tampil Command Prompt
• Ketik ping 192.168.0.2 tekan enter
harus ada Reply dari komputer2
•Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lainnya.
Read more: http://secebisilmu.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-jaringan-komputer-lan.html#ixzz2he3fteRh
cara membuat jaringan MAN
Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada
dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya
menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor
perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan
untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara,
bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
Metropolitan Area Network ( MAN )
Membangun & Implementasi sistem
jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna memenuhi kebutuhan internal
perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan jaringan yang dipergunakan
sehingga dapat melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain –
lain dengan bandwidth lokal.
Designing WLAN based Metropolitan Area Network
(MAN)
Mengapa Disain MAN
Menjadi Penting?
Salah satu penyebab
utama mengapa hancurnya jaringan Wireless LAN yang dikembangkan untuk WARNET di
Jogyakarta & beberapa kota lainnya di Indonesia adalah karena tiban-tibanan
antar WARNET tanpa mempedulikan rekan WARNET yang lain yang juga menggunakan
peralatan WLAN untuk akses ke Internet-nya.
Rekan-rekan WARNET
kebanyakan berfikir dengan menggunakan antenna parabola 24dBm, dengan power
amplifier 1 Watt maka akan dijamin memperoleh akses yang baik untuk mencapai
Intrenet berkecepatan tinggi 2-11Mbps, ternyata tidak semudah itu apalagi
banyak rekan WARNET lainnya yang ternyata berfikiran yang sama akhirnya semua
WARNET tiban-tibanan & jaringan menjadi hancur lebur, tidak ada yang menang
dengan cara preman, tiban-tibanan & menaikan power untuk menguasai
jaringan.
Filosofy dasar seorang
operator radio, yang diturunkan secara turun temurun diantara para veteran di
amatir radio adalah
“be liberal in receiving
be conservative in transmitting”
yang kira-kira artinya, gunakan kekuatan
pancar secukupnya untuk berhubungan. Usahakan semaksimal mungkin supaya kita
bisa mendengar lawan bicara. Atau dalam bahasa politik (untuk anggota DPR /
MPR), sedikit bicara lebih banyak mendengar.
Kinerja Kanal Dengan
Beban
Untuk menggambarkan
kondisi yang di jelaskan di atas secara lebih jelas ada baiknya kita lihat
gambar / grafik kinerja kanal dengan beban node yang saya ambil dari manual
WaveRider http://www.waverider.com.
Dengan semakin banyaknya pengguna
jaringan, tentunya kinerja kanal wireless akan jatuh. Gambar di samping
diperlihatkan kinerja kanal dengan beban 10-40 node & kejatuhan performance
/ kecepatan yang di rasakan oleh masing-masing user. Terlihat bahwa untuk aplikasi
Web, kanal akan lebih cepat jatuh kinerjanya.
Dengan kondisi demikian sangat dibutuhkan
rancangan Metropolitan Area Network (MAN) yang baik agar masing-masing Base
Transceiver Station (BTS) hanya di bebani 20-35 node saja & masing-masing
kanal BTS tidak saling mengganggu. Secara total maka frekuensi reuse menjadi
maksimal di satu wilayah.
Alokasi Kanal WLAN dalam Wireless
MAN
Hal lain yang perlu diperhitungkan
baik-baik juga adalah penggunaan frekuensi supaya tidak saling mengganggu satu
dengan lainnya. Pada band 2.4 GHz yang dialokasikan untuk komunikasi data WLAN
adalah antara 2.4-2.485 GHz. Band tersebut di bagi dalam sebelas (11) kanal
seperti tampak pada tabel.
Jika kita perhatikan baik-baik maka
terlihat bahwa jarak frekuensi tengah antar kanal hanyalah 5MHz, padahal lebar
total bandwidth sebuah pemancar Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) yang
digunakan dalam Wireless LAN adalah 22MHz, oleh karena itu pada kanal di atas
sebetulnya sinyal yang dipancarkan antar kanal akan saling meng-interferensi satu
sama lain – atau istilah lebih halusnya sinyal antar kanal akan saling overlap.
Pada band 2.4GHz hanya
ada maksimum tiga (3) kanal saja yang sinyal-nya tidak saling overlap yaitu:
Kanal 1 2.412 GHz
Kanal 6 2.437 GHz
Kanal 11 2.462 GHz
Tampak jelas pada gambar adalah spektrum
pancaran sinyal DSSS pada kanal 1, 6 & 11 yang bekerja sekaligus dilihat
pada spektrum analizer.
Berdasarkan fakta tersebut, maka jaringan Metropolitan
Area Network (MAN) di rancang agar antar station tidak saling mengganggu &
interferensi dalam jaringan dapat di minimalkan.
Sebetulnya kita bisa mengembangkan banyak
sekali rancangan Metropolitan Area Network (MAN) berbekal keterbatasan
peralatan yang ada. Dua (2) buah disain dasar dari MAN dari Wireless LAN yang
mungkin digunakan dalam sebuah kota agar tidak saling mengganggu akan dicoba
untuk diketengahkan.
Disain Metropolitan Area
Network (MAN) dengan Omnidirectional Antenna di Base Station (BTS)
Pada rancangan ini
digunakan pada MAN yang menggunakan BTS antenna omnidirectional. Bentuk
pancaran antenna omni di idealkan dalam bentuk segi enam untuk memudahkan
visualisasi rancangan. Tergantung pada daya pancar & antenna yang digunakan
maka radius sebuah sel adalah sekitar 5-7 km.
Karena kita hanya mempunyai kanal 1, 6
& 11 yang tidak saling overlap maka alokasi channel yang paling optimum
agar tidak saling mengganggu adalah seperti tampak pada gambar. Kanal 1, 6
& 11 digambarkan dalam warna yang berbeda-beda dan tampak cukup jauh satu
sama lain secara spatial (jarak) sehingga gangguan tidak terlalu jauh.
Disain sel pada gambar
cukup untuk melingkupi sebuah wilayah / kota seluas 35 x 35 km persegi secara
cukup baik. Dalam masing-masing sel, kita dapat menjalankan sekitar 3-10 WARNET
tanpa gangguan dari sel lainnya. Sebaiknya WARNET yang bertetangga saling
menghubungkan diri menggunakan kabel coax, jangan menggunakan peralatan WLAN
lagi – karena akan menghancurkan performance jaringan secara keseluruhan. Jadi
total kita dapat mengoperasikan 70-an WARNET dengan tujuh (7) buah BTS. Untuk
densitas WARNET yang lebih besar lagi maka kita perlu mengubah disain sel
menggunakan antenna sektoral bukan omnidirectional.
Disain
Metropolitan Area Network (MAN) dengan 120 Derajat Sectoral Antenna di Base
Station (BTS)
Untuk kota yang memiliki kepadatan WARNET
yang tinggi disain sel menggunakan amtenna omni tidak lagi mencukupi kebutuhan.
Dengan menggunakan antenna sektoral maka
kita dapat membagi wilayah pancaran dari BTS menjadi beberapa sektor tergantung
jenis antenna yang digunakan. Dalam contoh ini saya mencoba menggunakan antenna
sektoral 120 derajat. Oleh karena itu pada sebuah BTS dapat memberikan servis
kepada tiga (3) wilayah servis menggunakan antenna sektoral 120 derajat dengan
menggunakan tiga (3) kanal yang berbeda seperti tampak pada gambar. Jika
masing-masing kanal mampu untuk di bebani 10-an WARNET maka dengan rancangan
tersebut sebuah BTS dapat dibebani sekitar 30-an WARNET oleh sebuah BTS dalam
radius 5-7 km dari BTS tersebut. Dengan banyaknya WARNET tersebut maka ongkos
sewa frekuensi juga menjadi lebih murah karena dibebankan ke 30 WARNET J …
Pada gambar selanjutnya
adalah disain sebuah Metropolitan Area Network (MAN) menggunakan BTS antenna
sektoral 120 derajat. Dengan hanya menggunakan tiga (3) buah BTS yang bekerja
pada tiga (3) kanal frekuensi yang berbeda maka sebuah wilayah seluas 28 x 21
km persegi akan bisa di layani untuk 90-an WARNET didalamnya tanpa saling
mengganggu karena disain jaringannya yang baik.
Dalam dunia
informasi-komunikasi (Infokim), dikenal istilah area network, merupakan daerah
cakupan dari jaringan (network) informasi komunikasi. Kita mengenal Local Area
Network (LAN) yang mencakup area kecil seperti sebuah bangunan pencakar langit,
kampus, hotel, bandara udara, dll.
Untuk cakupan yang luas,
Wide Area Network (WAN) atau disebut Metropolitan Area Network (MAN). Selain
itu ada juga Personal Area Network (PAN) yang membentuk jaringan terkecil
terdiri dari berbagai peralatan electronik dan telekomunikasi dalam suatu
ruangan yang sifatnya orang per orang yang lebih mobile.
Saat ini telah berkembang teknologi wireless untuk area network yang langsung bersentuhan dengan orang per orang yaitu PAN dan LAN. Teknologi ini sangat membantu menunjang menjaga tingkat produktivitas.
Saat ini telah berkembang teknologi wireless untuk area network yang langsung bersentuhan dengan orang per orang yaitu PAN dan LAN. Teknologi ini sangat membantu menunjang menjaga tingkat produktivitas.
Untuk wireless PAN (WPAN) dikenal
teknologi nirkabel Bluetooth yang mengintegrasikan hampir seluruh Scandinavia.
Untuk wireless LAN (WLAN) dikenal teknologi wireless-fidelity (Wi-Fi). Keduanya
memanfaatkan berbagai macam teknologi diantaranya adalah:
1. Teknologi narrow-band. Sistim radio
dipancarkan dan diterima dalam frekwensi tertentu (tunggal).
2. Teknologi spread-spectrum. Disamping
dipancarkan melalui frekwensi tunggal, informasi dipancarkan simultan dalam
suatu spektrum frekwensi dan saat ini menggunakan spektrum 2.4 GHz yang tidak
diregulasikan.
3. Teknologi frequency-hopping
spread-spectrum (FHSS). Karena dipancarkan dalam suatu spread-spectrum, maka
terjadi perubahan frekwensi dari waktu ke waktu sesuai pola tertentu (fixed
pattern).
4. Teknologi direct-sequence
spread-spectrum (DSSS). Redundant bits yang ada dipancarkan dalam spektrum
frekwensi yang sama, menjadikan sistim lebih reliable.
Pada saat kita telah mengetahui
perangkat pendukung untuk membangun sebuah jaringan, maka langkah selanjutnya
adalah mendesain jaringan sesuai yang kita perlukan. Apakah jaringan yang akan
kita bangun akan berbentuk garis lurus (bus), bintang (star),
lingkaran (ring), ataukah jaring (mesh) yang paling rumit? Juga
apakah kecepatan transmisi jaringan kita merupakan jaringan rendah sampai
menengah (beberapa M s/d 20Mbps), jaringan berkecepatan tinggi (ratusan Mbps)
atau berkecepatan ultra tinggi (lebih dari 1Gbps)? Demikian pula media apa yang
akan kita gunakan, apakai berbentuk jaringan kabel (wireline) atau
memanfaatkan gelombang radio (wireless)? Yang terakhir, apakah jaringan
kita untuk jaringan utama (backbone LAN) ataukah jaringan biasa (floor LAN)
yang tentu saja memerlukan prasarana yang berbeda.
Cara membuat jaringan WAN
Infrastruktur
WAN (Wide Area Network)
Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :
Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :
- Router
- ATM Switch
- Modem and CSU/DSU
- Communication Server
- Multiplexer
- X.25/Frame Relay Switches
Router
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.
Switch ATMSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.
Modem (modulator / demodulator)Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.
CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.
Multiplexer
Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.
Communication Server
Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.
Switch ATMSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.
Modem (modulator / demodulator)Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.
CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.
Multiplexer
Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.
Communication Server
Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
Apa Saja yang Diperlukan untuk Dapat Memiliki Situs Internet Sendiri ?
Paling tidak ada 3 hal utama yang Anda perlukan untuk dapat memiliki situs internet sendiri, antara lain:- Nama Domain
- Secara umum, nama domain adalah apa yang sering kita dengar seperti: yahoo.com, google.com, dan lain-lain. Ada 2 jenis nama domain yang bisa Anda pilih, yaitu: domain internasional, seperti: dot-com, dot-net atau dot-org. Sebenarnya masih ada beberapa lagi jenis lagi seperti dot-tv, dll, tapi umumnya 3 jenis domain itu yang paling banyak dipilih. Kemudian ada domain lokal seperti dot-co-dot-id (misal: focus.co.id), dot-net-dot-id, atau dot-or-dot-id.
- Untuk proses pendaftaran, domain internasional sangat mudah, asal nama belum digunakan oleh orang lain sekitar 15 - 30 menit domain sudah bisa online. Kalau domain lokal ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti menyerahkan SIUP, TDP, NPWP dan lain-lain sesuai dengan jenis domain yang ingin digunakan. Selama nama domain belum disetujui maka domain belum boleh online. Info detailnya bisa dibaca di:http://pandi.or.id/persyaratan-dan-biaya-2/.
- Nama domain itu Anda sendiri yang pilih, bisa diambil dari nama perusahaan atau jenis produk yang ingin dijual. Penentuan nama domain tersebut sangat penting. Misal jika Anda menjual mobil bekas,memiliki nama domain mobilbekas.com sudah merupakan point sendiri untuk menjaring orang datang ke website Anda. Karena kemungkinan website Anda muncul di halaman pertama pencarian Google sangat besar jika orang mengetik "mobil bekas" sebagai kata kunci yang ingin dicari.
- Minimal lama waktu penggunaan domain name adalah satu tahun, dan jika akan kadaluwarsa (expire) Anda harus membayar biaya perpanjangan (domain renewal) agar Anda terus dapat menggunakan domain tersebut.
- Web Hosting
- Secara sederhana web hosting adalah rumah bagi website Anda. Tempat dimana data website Anda disimpan, data tersebut bisa berupa file teks, file foto, database, file video dan lain-lain.
- Yang dimaksud rumah di atas adalah sebuah server yang biasanya disimpan di sebuah tempat yang dinamakan data center. Agar dapat diakses secara online, server tersebut harus terkoneksi ke jaringan internet.
- Untuk dapat menyimpan data di server tersebut, Anda harus membayar biaya sewa yang sama seperti domain name di atas juga harus diperpanjang setiap tahunnya.
- Untuk spesifikasi server yang digunakan oleh Focus bisa dilihat di halaman Spesifikasi dan Biaya Web Hosting.
- Web Contents
- Anda sudah memiliki nama domain dan web hosting. Tentunya Anda juga harus memiliki sesuatu yang harus ditampilkan di website tersebut atau web contents.
- Anda dapat menggunakan program open source, seperti: Joomla, untuk membuat website sendiri dan mencari template di internet untuk design website tersebut. Atau Anda dapat menyerahkan pembuatannya ke profesional yang memang khusus menyediakan jasa desain situs internet seperti Focus Digital Design.
Cara Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop
Kalau anda mempunyai dua buah laptop atau lebih atau komputer desktop yang mempunyai wireless LAN card (wifi) dan antara masing–masing laptop/ komputer tersebut ingin terhubung atau terkoneksi
satu sama lain sehingga dapat sharing data, printer, internet, remote komputer dll. Cara sederhana dapat dilakukan dengan koneksi adhoc yaitu koneksi wireless LAN tanpa menggunakan akses point, terhubung langsung antara komputer ke komputer lainnya tanpa menggunakan kabel.
Setting koneksi adhoc untuk windows xp sp2 adalah sebagai berikut :
• Nyalakan wifi
• Masuk ke network connection (klik start -->Control Panel --> Network and internet connection --> Network Connection )
• Klik kanan pada wireless network connection, kemudian klikproperties.
• Pilih Tab Wireless Networks --> klik Advanced
• Pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only
• klik Close, Tampilan akan kembali ke jendela Wireless Network Connnection Properties
• Pada Preferred networks , klik Add
• Beri nama Network name (SSID) sesuai dengan yang kita inginkan misalnya contoh disini saya beri nama mynet (pada komputer yang lain namanya harus sama (mynet)).-->klik OK
• Pada Wireless network key, agar lebih mudah dulu network Authentication diisi : Open , pada Data encryption diisi :Disable. ( kalau mau langsung pakai proteksi juga silakan, tapi sebaiknya seperti ini dulu, nanti kalau sudah berhasil koneksinya silakan utak-atik option ini )
Sehingga pada preferred networks akan tampil nama SSIDyang sudah kita buat dengan nama mynet --> klik ok untuk keluar.
• Lakukan hal / langkah yang sama pada laptop/komputer yang lain yang akan dikoneksikan. ( ingat nama /network name (SSID) harus sama ( mynet)).
• Kalau kedua komputer sudah disetting seperti langkah di atas, langkah selanjutnya adalah tinggal mengkoneksikannya yaitu dengan masuk ke Network Connection, kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection --> pilih View available wireless networks.
Disana akan tampil SSID dengan nama mynet, sorot dengan mouse kemudian klik tombol Connect. Tunggu beberapa saat sampai statusnya Connected.
•• Sebenarnya kalau komputer kesatu selalu nyala, pada komputer kedua dan ketiga dan seterusnya tidak perlu disetting apapun, cukup nyalakan wifinya, View available wireless networks, pilih dan kemudian Connect. (seperti kalau kita koneksi pada hotspot).
• Untuk Melihat berhasil tidaknya koneksi antar komputer, kita bisa melakukan perintah ping ke nama komputer lawan.
- untuk mengetahui nama komputer : klik kanan pada my computer --> properties --> pilih tab Computer Name-->full computer name ( = nama komputer)
- Buka Command prompt (start --> klik RUN--> ketik cmd--> klik OK )
- Ketik ping namakomputerlawan (ping spasi nama komputer lawan) tekan enter, kalau berhasil akan ada reply darikomputer lawan.
- Kalau tidak ada reply bukan berarti belum berhasil, karena mungkin fungsi untuk pingnya dari komputer tersebut disable.
• Cara lain :
Dengan melihat IP address yang didapat oleh masing - masing komputer. ( karena cara diatas kita tidak mengisi nomor IP secara manual, tetapi secara otomatis/DHCP, ( maksudnya otomatis disini supaya lebih mudah , di bagian bawah ada cara setting IP secara manual ).
Cara melihat IP address yang didapat yaitu masuk kembali keNetwork Connection--> dobel klik pada wireless network connection yang sedang terkonek--> kemudian klik Support, (dilakukan di kedua komputer ), kemudian bandingkan hasilnya.
Masing - masing komputer harus mendapat nilai subnet maskyang sama : misal disini subnet masknya didapat255.255.255.0 (kelas C), komputer-a dan komputer-b harus sama yaitu 255.255.255.0
Masing - masing komputer harus mendapat IP address yang satu network misal kalau komputer-a mendapat 192.168.0.X, maka komputer-b harus mendapat 192.168.0.X juga (hanya nilai Xnya saja yang berbeda antara komputer a dan b).
Klik Repair di salah satu komputer kalau tidak didapatkan nilai seperti ketentuan di atas, sampai mendapatkan IP address dansubnet mask yang sesuai.
Setting IP Secara Manual
•• Bisa saja pada beberapa kasus akan kesulitan mendapatkan IP sehingga koneksi tidak berhasil, maka kita harus set IP secara manual.
Caranya :
-masuk ke network Connections-->klik kanan pada wireless network --> klik properties.
-Dobel klik pada internet protocol (Tcp/ip) --> klik pada use the following ip address.Pada komputer kesatu set ip address : 192.168.0.1 subnet mask: 255.255.255.0
Pada komputer kedua set ip address : 192.168.0.2 subnet mask: 255.255.255.0
Pada komputer ketiga set ip address : 192.168.0.3 subnet mask: 255.255.255.0
Dan seterusnya..
Apabila komputer kesatu mempunyai koneksi internet dan akan sharing ke yang lainnya, maka pada komputer kedua, ketigadan seterusnya. Kolom Default Gateway dan Preferred DNS servernya harus diisi yaitu : 192.168.0.1 .
Untuk melakukan Sharing Data :
• Klik kanan pada drive atau folder yang akan disharing --> pilih Sharing and security
--> Contreng pada Share this folder on network, isi Share name.--> klik OK
• Untuk mengakses data dari komputer lawan bisa dilakukan dengan mengetik di RUN command \\namakomputer atau\\noIPaddress komputer lawan yang akan diakses.
Untuk Sharing Koneksi Internet
• Di komputer yang ada koneksi internetnya masuk keNetwork Connection --> Klik kanan pada koneksi internetyang akan disharing --> klik properties
• Pilih Tab Advanced, Contreng Allow other network user to connect through this …,
• Klik tombol Setting, contreng services yang akan disharing, (yang mutlak untuk sharing internet adalah Web Server (HTTP), yang lainnya HTTPS, FTP, POP3, dll terserah anda sesuai kebutuhan, atau boleh juga pilih semua.--> kemudian klikOK.
Read more: http://secebisilmu.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-koneksi-wireless-antar.html#ixzz2he6cJxAo
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.
Daftar isi
Arsitektur
Arsitektur TCP/IP diperbandingkan dengan DARPA Reference Model dan OSI Reference Model
Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA. Seperti diperlihatkan dalam diagram, TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini, dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI. Empat lapis ini, kadang-kadang disebut sebagai DARPA Model, Internet Model, atau DoD Model, mengingat TCP/IP merupakan protokol yang awalnya dikembangkan dari proyek ARPANET yang dimulai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.Setiap lapisan yang dimiliki oleh kumpulan protokol (protocol suite) TCP/IP diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing. Protokol utama dalam protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:
- Protokol lapisan aplikasi: bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).
- Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).
- Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).
- Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).
Pengalamatan
Protokol TCP/IP menggunakan dua buah skema pengalamatan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah komputer dalam sebuah jaringan atau jaringan dalam sebuah internetwork, yakni sebagai berikut:- Pengalamatan
IP: yang berupa alamat logis yang terdiri atas 32-bit (empat oktet berukuran 8-bit) yang
umumnya ditulis dalam format
www.xxx.yyy.zzz
. Dengan menggunakan subnet mask yang diasosiasikan dengannya, sebuah alamat IP pun dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni Network Identifier (NetID) yang dapat mengidentifikasikan jaringan lokal dalam sebuah internetwork dan Host identifier (HostID) yang dapat mengidentifikasikan host dalam jaringan tersebut. Sebagai contoh, alamat205.116.008.044
dapat dibagi dengan menggunakan subnet mask255.255.255.000
ke dalam Network ID205.116.008.000
dan Host ID 44. Alamat IP merupakan kewajiban yang harus ditetapkan untuk sebuah host, yang dapat dilakukan secara manual (statis) atau menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) (dinamis). - Fully qualified domain name
(FQDN): Alamat ini merupakan alamat yang direpresentasikan dalam nama
alfanumerik yang diekspresikan dalam bentuk <nama_host>.<nama_domain>,
di mana <nama_domain> mengindentifikasikan jaringan di mana sebuah
komputer berada, dan <nama_host> mengidentifikasikan sebuah komputer
dalam jaringan. Pengalamatan FQDN digunakan oleh skema penamaan domain
Domain Name System (DNS). Sebagai contoh, alamat FQDN
id.wikipedia.org
merepresentasikan sebuah host dengan nama "id" yang terdapat di dalam domain jaringan "wikipedia.org
". Nama domainwikipedia.org
merupakan second-level domain yang terdaftar di dalam top-level domain.org
, yang terdaftar dalam root DNS, yang memiliki nama "." (titik). Penggunaan FQDN lebih bersahabat dan lebih mudah diingat ketimbang dengan menggunakan alamat IP. Akan tetapi, dalam TCP/IP, agar komunikasi dapat berjalan, FQDN harus diterjemahkan terlebih dahulu (proses penerjemahan ini disebut sebagai resolusi nama) ke dalam alamat IP dengan menggunakan server yang menjalankan DNS, yang disebut dengan Name Server atau dengan menggunakan berkas hosts (/etc/hosts
atau%systemroot%\system32\drivers\etc\hosts
) yang disimpan di dalam mesin yang bersangkutan.
Konsep dasar
Layanan
Berikut ini merupakan layanan tradisional yang dapat berjalan di atas protokol TCP/IP:- Pengiriman berkas (file transfer). File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna komputer yang satu untuk dapat mengirim ataupun menerima berkas ke sebuah host di dalam jaringan. Metode otentikasi yang digunakannya adalah penggunaan nama pengguna (user name) dan password'', meskipun banyak juga FTP yang dapat diakses secara anonim (anonymous), alias tidak berpassword. (Keterangan lebih lanjut mengenai FTP dapat dilihat pada RFC 959.)
- Remote login. Network terminal Protocol (telnet) memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan log in ke dalam suatu komputer di dalam suatu jaringan secara jarak jauh. Jadi hal ini berarti bahwa pengguna menggunakan komputernya sebagai perpanjangan tangan dari komputer jaringan tersebut. (Keterangan lebih lanjut mengenai Telnet dapat dilihat pada RFC 854 dan RFC 855.)
- Computer mail. Digunakan untuk menerapkan sistem surat elektronik. (Keterangan lebih lanjut mengenai e-mail dapat dilihat pada RFC 821 RFC 822.)
- Network File System (NFS). Pelayanan akses berkas-berkas yang dapat diakses dari jarak jauh yang memungkinkan klien-klien untuk mengakses berkas pada komputer jaringan, seolah-olah berkas tersebut disimpan secara lokal. (Keterangan lebih lanjut mengenai NFS dapat dilihat RFC 1001 dan RFC 1002.)
- Remote
execution. Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program tertentu di dalam komputer
yang berbeda. Biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yang
terbatas, sedangkan ia memerlukan sumber yg banyak dalam suatu sistem
komputer.
Ada beberapa jenis remote execution, ada yang berupa perintah-perintah dasar saja, yaitu yang dapat dijalankan dalam system komputer yang sama dan ada pula yg menggunakan sistem Remote Procedure Call (RPC), yang memungkinkan program untuk memanggil subrutin yang akan dijalankan di sistem komputer yg berbeda. (sebagai contoh dalam Berkeley UNIX ada perintahrsh
danrexec
.) - Name server yang berguna sebagai penyimpanan basis data nama host yang digunakan pada Internet (Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada RFC 822 dan RFC 823 yang menjelaskan mengenai penggunaan protokol name server yang bertujuan untuk menentukan nama host di Internet.)
Request for Comments
RFC (Request For Comments) merupakan standar yang digunakan dalam Internet, meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka. Diterbitkan oleh IAB yang merupakan komite independen yang terdiri atas para peneliti dan profesional yang mengerti teknis, kondisi dan evolusi Internet. Sebuah surat yg mengikuti nomor RFC menunjukan status RFC :- S: Standard, standar resmi bagi internet
- DS: Draft standard, protokol tahap akhir sebelum disetujui sebagai standar
- PS: Proposed Standard, protokol pertimbangan untuk standar masa depan
- I: Informational, berisikan bahan-bahan diskusi yg sifatnya informasi
- E: Experimental, protokol dalam tahap percobaan tetapi bukan pada jalur standar.
- H: Historic, protokol-protokol yg telah digantikan atau tidak lagi dipertimbankan utk standardisasi.
Bagaimanakah bentuk arsitektur dari TCP/IP itu ?
Dikarenakan TCP/IP adalah serangkaian protokol di mana setiap protokol melakukan sebagian dari keseluruhan tugas komunikasi jaringan, maka tentulah implementasinya tak lepas dari arsitektur jaringan itu sendiri. Arsitektur rangkaian protokol TCP/IP mendifinisikan berbagai cara agar TCP/IP dapat saling menyesuaikan.Karena TCP/IP merupakan salah satu lapisan protokol Model OSI, berarti bahwa hierarki TCP/IP merujuk kepada 7 lapisan OSI tersebut. Tiga lapisan teratas biasa dikenal sebagai "upper level protocol" sedangkan empat lapisan terbawah dikenal sebagai "lower level protocol". Tiap lapisan berdiri sendiri tetapi fungsi dari masing-masing lapisan bergantung dari keberhasilan operasi layer sebelumnya. Sebuah lapisan pengirim hanya perlu berhubungan dengan lapisan yang sama di penerima (jadi misalnya lapisan data link penerima hanya berhubungan dengan lapisan data link pengirim) selain dengan satu layer di atas atau di bawahnya (misalnya lapisan network berhubungan dengan lapisan transport di atasnya atau dengan lapisan data link di bawahnya).
Model dengan menggunakan lapisan ini merupakan sebuah konsep yang penting karena suatu fungsi yang rumit yang berkaitan dengan komunikasi dapat dipecahkan menjadi sejumlah unit yang lebih kecil. Tiap lapisan bertugas memberikan layanan tertentu pada lapisan diatasnya dan juga melindungi lapisan diatasnya dari rincian cara pemberian layanan tersebut. Tiap lapisan harus transparan sehingga modifikasi yang dilakukan atasnya tidak akan menyebabkan perubahan pada lapisan yang lain. Lapisan menjalankan perannya dalam pengalihan data dengan mengikuti peraturan yang berlaku untuknya dan hanya berkomunikasi dengan lapisan yang setingkat. Akibatnya sebuah layer pada satu sistem tertentu hanya akan berhubungan dengan lapisan yang sama dari sistem yang lain. Proses ini dikenal sebagai Peer process. Dalam keadaan sebenarnya tidak ada data yang langsung dialihkan antar lapisan yang sama dari dua sistem yang berbeda ini. Lapisan atas akan memberikan data dan kendali ke lapisan dibawahnya sampai lapisan yang terendah dicapai. Antara dua lapisan yang berdekatan terdapat interface (antarmuka). Interface ini mendifinisikan operasi dan layanan yang diberikan olehnya ke lapisan lebih atas. Tiap lapisan harus melaksanakan sekumpulan fungsi khusus yang dipahami dengan sempurna. Himpunan lapisan dan protokol dikenal sebagai "arsitektur jaringan".
Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
- IP versi 4 (IPv4)
- IP versi 6 (IPv6)
Kriteria
|
Alamat IP versi 4
|
Alamat IP versi 6
|
Panjang alamat
|
32 bit
|
128 bit
|
Jumlah total host (teoritis)
|
232=±4 miliar host
|
2128
|
Menggunakan kelas alamat
|
Ya, kelas A, B, C, D, dan E.
Belakangan tidak digunakan lagi, mengingat telah tidak relevan dengan perkembangan jaringan Internet yang pesat. |
Tidak
|
Alamat multicast
|
Kelas D, yaitu 224.0.0.0/4
|
Alamat multicast IPv6, yaitu FF00:/8
|
Alamat broadcast
|
Ada
|
Tidak ada
|
Alamat yang belum ditentukan
|
0.0.0.0
|
::
|
Alamat loopback
|
127.0.0.1
|
::1
|
Alamat IP publik
|
Alamat IP publik IPv4, yang ditetapkan oleh
otoritas Internet (IANA)
|
Alamat IPv6 unicast global
|
Alamat IP pribadi
|
Alamat IP pribadi IPv4, yang ditetapkan oleh
otoritas Internet
|
Alamat IPv6 unicast site-local (FEC0::/48)
|
Konfigurasi alamat otomatis
|
Ya (APIPA)
|
Alamat IPv6 unicast link-local (FE80::/64)
|
Representasi tekstual
|
Dotted decimal format notation
|
Colon hexadecimal format notation
|
Fungsi Prefiks
|
Subnet mask atau panjang prefiks
|
Panjang prefiks
|
Resolusi alamat DNS
|
A Resource Record (Single A)
|
AAAA Resource Record (Quad A)
|
Sumber
- InfoKomputer.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar